Pertanian dan Peternakan - Palem Community

Latest News

Pertanian dan Peternakan

Masyarakat modern pada zaman sekarang, dengan segala dukungan dari teknologi dan layanan umum yang serba cepat menjadi kurang tahu tentang sumbangsih dari daerah-daerah untuk masyarakat secara umum. Misalnya beras dalam kemasan yang sudah ada di minimarket ataupun toko swalayan yang besar yang jarang sekali mencantumkan atau bahkan tidak pernah mencantumkan proses demi proses sehingga menjadi beras.
Sumber penghasilan mayoritas warga lereng merapi adalah pertanian dan peternakan, untuk itu Palem Community mengajak pelajar, mahasiswa dan masyarakat dalam kegiatan Live-In untuk mengenal proses demi proses pertanian maupun peternakan supaya kita semua menghargai sumbangsih daerah-daerah terutama dari lereng Merapi untuk pangan Nasional.

Menanam Padi

Padi, paddy, live in di desa, menanam padi, bertani, tani, petani, sawah, gunung, merapi
Belajar menanam padi
Sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar penyerapan tenaga kerja di Indonesia, namun adanya indikasi sektor ini mulai ditinggalkan generasi muda, hal ini terlihat dari kenaikan jumlah tenaga kerja sektor sekunder dari tahun ke tahun seperti industri, jasa pelayanan, kontruksi dan perdagangan ( data BPS ). Untuk itu Palem Community mengajak peserta Live In agar mengetahui dan mengenal sekaligus belajar lansung apa dan bagaimana pertanian, salah satunya bertani Padi.

Beternak Sapi Perah

Ternak, susu sapi, susu, sapi perah, peternakan, peternak, kompos, biogas, cow, milk
Proses pengolahan susu dan pupuk organik sapi perah

Peternakan merupakan sumber mata pencaharian penduduk lereng merapi selain bertani, salah satu usaha peternakan yang banyak digeluti yaitu beternak sapi, terutama sapi perah. Susu merupakan hasil utama dari sapi perah ini, berbagai hasil olahan dari susu ini bisa dengan mudah kita jumpai disekitar kita, baik berupa susu murni, susu cair, maupun yang telah diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. Selain susu hasil dari peternakan sapi yang bisa dimanfaatkan yaitu kotoran sapi yang kemudian diolah menjadi pupuk organik. Bersama Palem Community peserta diajak untuk mengikuti proses - proses produksi susu, baik itu secara tradisonal maupun modern dan pembuatan pupuk organik.

Budidaya Ikan Air Tawar

Ikan, fish, kolam, ikan air tawar, payau, live in indonesia
Budidaya ikan air tawar di kolam

Aliran air yang mengalir dari dua sungai besar di lereng merapi yakni Kali kuning dan Kali Boyong, selain untuk pengairan ( irigasi ) pertanian juga dimanfaatkan warga untuk membudidayakan ikan air tawar. Budidaya ikan yang selama ini dilakukan masyarakat lereng merapi pada umumnya dengan menggunakan kolam - kolam ikan serta melalui sistem mina padi, yakni membudidayakan ikan di sawah - sawah yang ditanami padi. Budidaya ikan bukan hanya jenis ikan untuk konsumsi, namun juga dibudidayakan ikan hias. Ikan air tawar yang banyak di budidayakan seperti lele, nila, ikan mas, gurami, bawal dan patin. Selain itu bagi yang mereka gemar memancing bisa menyalurkan hobinya di kolam - kolam khusus pemancingan, baik secara kiloan maupun harian.

Beternak Unggas

Unggas, ayam, ayam kampung, ayam daging, broiler, chicken, ternak indonesia, ternak kampung
Peternakan unggas

Usaha peternakan lain yang terdapat di lereng merapi yakni ayam potong ( pedaging ) maupun ayam petelur, selain itu juga terdapat ternak ayam kampung dan itik. Meskipun secara umum rata - rata konsumsi daging dan telur masyarakat Indonesia masih rendah di banding dengan negara berkembang lain, namun kenaikan rata - rata konsumsi lebih tinggi dan mengalami peningkatan tiap tahunnya. Sehingga peternakan ayam potong maupun petelur merupakan suatu usaha yang menjanjikan, apalagi pada tahun 2015 pemerintah mulai mendorong untuk ekspor daging ayam dan telur di pasar asia.

Belajar berkebun dan menikmati buah Salak langsung petik

Salak, salak pondoh, kebun, salak sleman, berkebun, duri, merapi
Kebun salak Pondoh

Palem Community mengajak anda belajar tentang Tanaman salak yang merupakan salah satu tanaman buah khas daerah yang beriklim tropis. Buah ini sangat disukai dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kerena buah salak banyak mengandungan vitamin A, B dan C. Buah salak juga dapat mengatasi diare, dan menyembuhkan rabun senja serta dapat menjaga stamina setiap orang dan sangat mudah dalam perawatannya. Di negara Indonesia sendiri memiliki 3 jenis buah salak. diantaranya salak jawa salacca zalacca (Gaetner) yang berbiji 2-3 butir, salak Bali slacca amboinensis(Becc) Mogea berbiji 1-2 butir dan salak Padang Sidempuan salacca sumatrana(Becc) yang memiliki ciri khas berdaging merah. Jenis salak ini mempunyai nilai komersial yang sangat tinggi. Salah satu jenis salak yang banyak dibudidayakan masyarakat lereng merapi yaitu salak pondoh, salak pondoh memiliki ciri rasa yang manis atau tidak sepet sejak buah masih muda.

Belajar Bertani Cabai

Lombok, cabai, cabe, pertanian lombok, panen lombok, tanam lombok, petik cabe
Bertani Cabai atau Lombok

Palem Community mengajak anda untuk belajar menanam, merawat dan memanen cabai, salah satunya cabai merah. Cabe merah merupakan salah satu komoditas pertanian paling atraktif. Pada saat-saat tertentu, harganya bisa naik berlipat-lipat. Pada momen lain bisa turun hingga tak berharga. Hal ini membuat budidaya cabe merah menjadi tantangan tersendiri bagi para petani. Disamping fluktuasi harga, budidaya cabe cukup rentan dengan kondisi cuaca dan serangan hama. Untuk meminimalkan semua resiko tersebut, biaya untuk budidaya cabe bisa dikatakan cukup tinggi.

Bunga Krisan

Krisan, bunga indah, bunga hias, chrysanthemum, kebun bunga, merangkai bunga
Kebun bunga Krisan

Bunga krisan atau bunga serunai atau dalam bahasa latin disebut Chrysanthemum, sebenarnya merupakan tanaman asli kawasan asia timur seperti China, Korea maupun Jepang. Bunga Krisan mempunyai nilai ekonomis dan bisa menjadi sumber penghasilan, karena masa tanam relatif singkat dan harga stabil.
Krisan merupakan bunga potong yang bisa tahan 2 minggu dalam vas, bahkan dapat bertahan lebih lama dalam pot selain juga warna - warnanya yang menarik. Bunga Krisan bisa menjadi aksesoris yang sangat indah, baik di taman atau rumah untuk karangan bunga maupun dekorasi. Bunga-bunga cerah ini biasanya dikenali dengan mahkota berwarna-warni dari kelopak warna kuning terang, merah anggur, plum, putih, merah muda atau lavender yang banyak sekali bermekaran di musim gugur. Bunga krisan tidak hanya bervariasi warnanya tetapi juga dalam ukuran dan bentuknya.
Teh Krisan atau chrysanthemum tea, mempunyai manfaat untuk menghilangkan pusing, influenza, membersihkan liver, mengobati jerawat, panas atau demam dan sakit tenggorokan. Jenis bunga Krisan yang bisa dibuat teh ini dari jenis chrysanthemum morifolium atau chrysantemum indycum, yakni jenis atau varietas krisan yang berwarna kuning atau putih.
logoblog

2 komentar:

Palem Community Designed by Schrontho Copyright © 2015

Gambar tema oleh A330Pilot. Diberdayakan oleh Blogger.
By Schrontho