SMA SANTA MARIA 3 CIMAHI - Palem Community

Latest News

SMA SANTA MARIA 3 CIMAHI

Sekilas Kegiatan Live-In SMA Santa Maria 3 Cimahi

Siswa dan siswi kelas 11 ( kelas 2 ) SMA Santa Maria 3 Cimahi melaksanakan kegiatan live-in di lereng Merapi, tepatnya di Desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta bersama Palem Community selama tiga hari, yakni mulai tanggal 21 Oktober 2015 sampai 23 Oktober 2015. Berikut ini rangkuman rangkaian kegiatan peserta dari SMA Santa Maria 3 Cimahi selama live-in di Yogyakarta.

Kedatangan

Kedatangan. Rabu 21 Oktober 2015, rombongan Guru dan Siswa SMA Santa Maria 3 Cimahi tiba di Yogyakarta pada pukul 05:00 wib, Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Omah Petroek ( Karang Klethak ) yang terletak di dusun Wonorejo Hargobinangun Pakem Sleman. Setelah beristirahat dan makan pagi bersama dilanjutkan serah terima Siswa dari pihak Sekolah kepada tim Palem Communty. Selesai seremonial penyambutan peserta diantar menuju titik kumpul setiap blok untuk selanjutnya diserah - terimakan kepada orangtua asuh masing - masing.
Kedatangan, sarapan pagi, seremonial penyambutan dan
peenyerahan siswa kepada orangtua asuh.

Selesai mandi, berkenalan dengan anggota keluarga baru dan mengenali lingkungan sekitar tempat tinggal, Siswa kemudian membantu menyiapkan makan siang dan dilanjutkan makan siang bersama orangtua asuhnya untuk lebih mengakrabkan siswa atau peserta dengan keluarga barunya.

Kegiatan Selama Live-In

Mulai pukul 04:30 peserta harus sudah bangun, untuk selanjutnya mulai membantu orangtua asuh, menyapu, menyiapkan sarapan pagi, mencuci peralatan dapur dan kegiatan lain yang dilakukan orangtua asuh di pagi hari.

Kegiatan
Kegiatan peserta Live-in di pagi hari

Do'a Rosario. Do'a Rosario dilaksanakan Guru dan Siswa SMA Santa Maria 3 Cimahi terbagi menjadi dua tempat, Kapel St. Ignatius Ponggol Hargobinangun untuk guru dan siswa yang tinggal di blok I ( Wonorejo ) dan blok II ( Ponggol ) sedangkan untuk peserta yang tinggal di blok III ( Randu ) dan blok IV ( Wanakersa ) bertempat di Wanakersa.

Do'a Rosario
Do'a Rosario di Wanakersa dan Kapel St.Ignatius Ponggol


Mengikuti Aktifitas Orangtua Asuh. Pada pagi dan siang hari perserta live-in melakukan kegiatan dengan mengikuti aktifitas keluarga orangtua asuh masing - masing. Seperti kesawah untuk menanam padi maupun ikut menyiapkan lahan untuk ditanami padi, mencari rumput pakan ternak. Ada juga yang membantu mencabut rumput di kebun Krisan, menyiram dan mengikat tanaman cabai, membuat telur asin, memanen pisang dan lain - lain sesuai apa yang menjadi aktifitas orangtua asuh.

Kegiatan live in yogyakarta, sawah, kuda, pisang, petani, peternak, ternak, cabe, horse, stable, paddy, padi, indonesian banana
Peserta sedang memanen pisang, mengikat tanaman cabe,
merawat kuda dan menyiapkan bibit padi


Olahraga dan Permainan. Untuk menghilangkan kejenuhan setiap sore hari diadakan kegiatan olahraga dan permainan. Peserta bebas untuk memilih olahraga yang disukai, seperti basket, bola voli, sepakbola, tenis meja maupun badminton. Pada sesi ini siswa SMA Santa Maria 3 Cimahi juga diperkenalkan dengan beberapa permainan tradisional, seperti Mul mul-an dan Engklek.

Permainan, mul-mul an, sunda manda, engklek, tradisional, permainan desa, live in di kampung
Peserta Live-in bermain Mul mul-an dan Engklek

Jelajah Alam dan Edu Wisata. Peserta Live-in diajak untuk bersama - sama lebih mengenal alam dan lingkungan lereng Merapi khususnya di wilayah Hargobinangun. Jelajah alam ini dibagi dua kelompok blok I dengan blok II melalui rute barat, sedangkan blok III dan IV melalui rute atau jalur tengah. Kedua kelompok ini kemudian dipertemukan di satu titik yaitu Museum Ulen Sentalu. Selanjutnya peserta diajak untuk berwisata di  meseum Ulen Sentalu yang terletak di Kaliurang Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Selesai berkeliling di museum Ulen Sentalu peserta Live-in melanjutkan perjalanan wisata menuju Museum Gunung Merapi di Hargobinangun. Setelah selesai berkeliling melihat benda - benda koleksi museum dan menyaksikan pemutaran film di teater mini Museum Gunung Merapi kemudian makan siang bersama dengan menu makanan tradisional Sego Wiwit peserta pulang kerumah orangtua asuh masing - masing.

Jelajah Alam, Edu Wisata, Museum Gunungapi Merapi, Museum Gunung Merapi, Ulen Sentalu, study tour
Peserta sedang mengikuti Jelajah Alam dan edu wisata di Museum
Ulen Sentalu dan Museum Gunung Merapi

Menyiapkan Makan Malam dan Sharing. Kegiatan di sore hari menjelang malam, yang dilakukan peserta live-in adalah membantu menyiapkan makan malam dan dilanjutkan makan malam bersama keluarga orangtua asuh masing - masing. Kegiatan dilanjutkan dengan sharing, sharing ini terbagi menjadi dua, yakni sharing dengan orangtua asuh dan sharing bersama yang dilakukan masing - masing blok ataupun dua blok bersama.

Sharing, kegiatan live in sharing bersama, live in merapi, orangtua asuh, SMA SanMar 3
Kegiatan sharing bersama dan sharing dengan orangtua asuh.

Kembali Ke Cimahi

Berpamitan dengan Orangtua Asuh, Misa Bersama. Setelah melakukan aktifitas pagi, packing selanjutnya siswa atau peserta live-in berpamitan kepada orangtua asuh untuk kemudian berkumpul di titik pemberangkatan masing - masing blok. Misa bersama dilaksanakan di Omah Petroek dengan di ikuti warga sekitar dan anggota tim Palem Community yang beragama Nasrani. Acara dilanjutkan dengan penyerahan kembali siswa dari tim Palem ke pada pihak sekolah SMA Santa Maria 3 Cimahi, serta pamitan kepada tim Palem.

Pamitan,  peluk, tangis, haru, sedih, live in, hari terakhir live in
Peserta berpamitan kepada orangtua asuh dan tim Palem dan kegiatan
Misa bersama.
Silahkan kunjungi halaman galeri photo untuk melihat koleksi kami selama berlangsungnya kegiatan live in.


logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Palem Community Designed by Schrontho Copyright © 2015

Gambar tema oleh A330Pilot. Diberdayakan oleh Blogger.
By Schrontho