SMP TARAKANITA 4 RAWAMANGUN - Palem Community

Latest News

SMP TARAKANITA 4 RAWAMANGUN

Pada tahun 2016 SMP Tarakanita 4 Rawamangun kembali melakukan kegiatan Live in di desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta, tepatnya di dusun X Randu - Wanakersa dan dusun XII Wonorejo - Ponggol. Kegiatan live in kali ini diikuti oleh 174 siswa dan didampingi 12 guru dari SMP Tarakanita 4, dengan menempati 59 rumah yang tersebar di dua dusun yang terbagi dalam empat blok dimana satu rumah atau keluarga ditempati 3 dan 2 siswa. Sedangkan guru pendamping menempati 5 rumah penduduk dan terbagi dalam empat blok, blok I Wonorejo, blok II Ponggol, blok III Wanakersa dan blok IV Randu. Kegiatan live in ini dimulai selasa 08 November 2016 san berakhir pada hari Jum'at 11 November 2016.

Program live in SMP Tarakanita 4 di Yogyakarta
Foto bersama Guru, Siswa SMP Tarakanita 4 dan Tim Palem


Briefing Orangtua Asuh
Beberapa hari menjelang kedatangan peserta live in, tepatnya pada minggu 06 November 2016, diadakan pertemuan antara tim Palem Community dengan para calon orangtua asuh untuk membahas persiapan kegiatan live in. Untuk blok I dan II briefing dilaksanakan di Wonorejo sedang blok II dan IV dilaksanakan di Wanakersa.

orangtua asuh, briefing, kegiatan live in, randu, wonorejo, ponggol, wanakersa
Briefing menjelang kegiatan Live In

Kedatangan
Selasa 08 November 2016, pukul 05:45 wib, peserta live in tiba di Omah Petroek ( Karang Klethak ) Wonorejo, dengan menggunakan lima armada bus.

Tarakanita 4, peserta live in, smp, omah petroek, karang klethak, bus
Tiba di Omah Petroek

Seremonial Penyambutan
Setelah peserta berkumpul semua dan beristirahat sejenak, acara dilanjutkan briefing guru pendamping dengan tim Palem Community untuk perkenalan dan pembahasan rencana kegiatan. Pada pukul 07:15 wib acara seremonial penyambutan kedatangan peserta live in dari SMP Tarakanita 4 dimulai, dalam acara ini meliputi sambutan dari Tim Palem Community sambutan dari guru, serah terima siswa kepada tim Palem Community, makan pagi persembahan tari tradisional dari Palem community.

sambutan, live in, acara, omah petroek, karang klethak, wonorejo, hargobinangun
Seremonial penyambutan Siswa dan Guru SMP Tarakanita 4

Serah Terima Siswa kepada Orangtua Asuh
Selesai acara seremonial penyambutan, selanjutnya siswa diantar menuju lokasi penjemputan di titik kumpul masing - masing blok dimana para orangtua asuh menunggu kedatangan peserta live in.

live in, berkenalan, orangtua asuh, salaman
Peserta live in berkenalan dengan orangtua asuh

Olahraga Dan Permainan
Untuk mengurangi kejenuhan dan agar stamina peserta tetap terjaga, salah satu kegiatan yang masuk dalam agenda live in yaitu permainan dan olahraga. Pada sesi ini siswa diperkenalkan dengan beberapa permainan tradisional dan juga diajak untuk bersama - sama berolah raga baik bola voli, bola sepak badmintinton dan lain sebagainya.

cublak cublak suweng, badminton, engklek, sunda manda,voli, bermain, olahraga
Olahraga dan Permainan

Aktifitas Bersama Orangtua Asuh
Selama tinggal bersama orangtua asuh, peserta live in diharuskan untuk selalu turut serta dan andil dalam berbagai aktifitas yang dilakukan oleh keluarga orangtua asuhnya. Mulai dari memasak, mencuci peralatan makan hingga aktifitas disawah maupun kebun, sesuai dengan apa yang orang tua asuh kerjakan dalam kesehariannya.

Wingko, sawah, padi, cabai, cabe, lombok, singkong, ubi, menanam
Kegiatan peserta live in bersama orangtua asuh
Misa Alam
Siraman rohani untuk peserta live in, sesuai agama kepercayaannya, dan dalam hal ini peserta beragama Katolik. Misa dilaksanakan di Omah Petroek ( Karang klethak ) Wonorejo Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta.

Misa, do'a, sembahyang, omah petroek, wonorejo, hargobinangun, pakem
Misa alam di Omah Petroek
Jelajah Alam
Memperkenalkan kepada peserta keindahan alam lereng merapi dengan bersama - sama berjalan kaki dari Omah Petroek ( Karang Klethak ) Wonorejo menuju Museum Gunung Api Merapi yang terletak di Jalan Boyong. Perjalanan sejauh kurang lebih 3 km ini ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 30 menit.

jelajah alam, hijau, alam, pedesaan, sehat, natural
Jelajah alam
Eduwisata
Kunjungan eduwisata ke Museum Gunung Api Merapi yang terletak di jl. Boyong Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta untuk lebih memperkenalkan siswa pada gunung Merapi serta memberi pengetahuan tentang vulkonologi, kegempaan dan tsunami.

Eduwisata, study tour, Museum, Museum Gunungapi merapi, museum gunung merapi, merapi
Eduwisata ke Museum Gunung Api Merapi 
Kunjungan Usaha
Kunjungan usaha kali ini yaitu pada kegiatan usaha pembuatan sapu lidi dan kreasi janur, peserta live in diberi penjelasan tentang proses dan cara membuat sapu lidi untuk selanjutnya siswa praktek langsung membuat sapu dari lidi tersebut. Pada sesi berikutnya siswa diminta untuk belajar dan membuat sendiri satu atau dua macam kreasi menggunakan daun kelapa muda atau janur.

live in, sapu lidi, janur, tradisional, blarak, daun kelapa muda, randu, wonorejo
Peserta live in serius mengikuti kegiatan kreasi janur dan membuat sapu lidi
Sharing Bersama
 Berbagi pengalaman selama live in di Hargobinangun mulai dari kedatangan hingga kegiatan yang telah dijalani, yang kemudian diceritakan melalui drama, puisi, lagu dan pantomim.

Sharing, refleksi, kesan, drama, lagu, pantomim, puisi
Keseruan peserta saat kegiatan sharing
Malam Pentas Seni
Malam pensi bertempat di Omah Petroek diisi penampilan oleh siswa perwakilan setiap blok, perwakilan kelas dan juga dari Palem Community, acara berlangsung mulai pukul 19:15 wib sampai 21:15 wib.

Pensi, pentas, seni, tari, nyanyi, lagu,fun, randu, wonorejo, wanakersa, ponggol
Malam pentas seni di Omah Petroek

Untuk melihat foto lain selama kegiatan live in silakan kunjungi koleksi foto live in.
logoblog

2 komentar:

  1. Kegiatan yang diikuti oleh siswa tersebut menurut saya merupakan kegiatan yang positif yang bisa menambah pengetahuan dan pengembangan kemampuan diri siswa tersebut.

    Sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  2. Makasih mas dah mau singgah ke blog saya..

    BalasHapus

Palem Community Designed by Schrontho Copyright © 2015

Gambar tema oleh A330Pilot. Diberdayakan oleh Blogger.
By Schrontho