SMP SERAPHINE BAKTI UTAMA - Palem Community

Latest News

SMP SERAPHINE BAKTI UTAMA

SMP Seraphine Bakti Utama yang beralamat di Jl. Melati Raya No. 46, Kapuk, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta ini melaksanakan program live in di desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta tepatnya di dusun Randu dan Wonorejo, bersama Palem Community mulai 26 Febuari 2016 sampai 27 Febuari 2016. Kegiatan kali ini diikuti oleh 108 siswa yang terdiri dari kelas VII dan VIII SMP Sheraphine dan didampingi oleh Kepala Sekolah, Suster serta Guru yang berjumlah 6 orang.

SMP Seraphine Bakti Utama, livein, seraphine
Banner Live In




Briefing Orangtua Asuh

Beberapa hari sebelum kedatangan siswa dari SMP Seraphine, tim Palem Community melakukan briefing dengan orangtua asuh yang rumahnya akan ditempati siswa maupun guru selama live in. Ada 3 blok yang ditempati untuk live in kali ini, yaitu Blok I Wonorejo, Blok II Ponggol dan Blok III Randu.

Briefing Orangtua Asuh
Briefing Orangtua Asuh


Kedatangan
Jum'at 26 febuari 2016 pukul 19:30, Guru dan siswa SMP Seraphine tiba di stasiun Lempuyangan Yogyakarta, kemudian dijemput bis yang disediakan tim Palem untuk selanjutnya menuju lokasi live-in.

Tiba Di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta
Kedatangan


Seremonial Penyambutan

Pukul 21:10 wib peserta tiba di Griya Aissa Randu untuk mengikuti seremonial penyambutan, turut hadir dalam acara penyambutan Kepala Desa Hargobinangun, Drs. Rushartadi yang juga merupakan Pembina Tim Palem Community. Setelah rangkaian acara seremonial berakhir, siswa didistribusikan menuju rumah orangtua asuh masing untuk beristirahat.

Seremonial penyambutan
Seremonial penyambutan di Griya Aissa



Kegiatan Live-In

Siswa mulai dibangunkan oleh tim pukul 05:00 wib, aktifitas yang dilakukan setelah bangun pagi meliputi kebersihan lingkungan rumah dan sekitar rumah, membantu menyiapkan makan serta mencuci peralatan dapur.

Aktifitas setelah bangun tidur
Aktifitas peserta di pagi hari

Mengikuti aktifitas orangtua asuh. Peserta live-in melakukan kegiatan sesuai apa yang menjadi aktifitas keluarga atau orangtua asuh masing - masing, ada yang disawah, di kebun, mencari rumput, memberi makan ternak dan lain sebagainya.

Mengikuti aktifitas orangtua asuh
Mengikuti aktifitas orangtua asuh


Misa. Peserta live-in mengikuti misa di kapel St. Ignatius di Ponggol bersama warga, kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu 27 Febuari 2016.

Misa di Kapel St. Ignatius
Pelaksanaan Misa


Belajar Membuat Kue. Salah satu kegiatan tambahan yang dilakukan yakni belajar membuat kue karamel dan pizza.


Belajar membuat kue
Membuat karamel dan pizza


Kerja Bakti. Bersamaan dengan adanya kegiatan kerja bakti di tempat Live-in, peserta live in pun turut serta bersama warga yang sedang bekerja bakti. Blok I melakukan kerja bakti di makam Wonorejo, blok II melaksanakan kerja bakti membersihkan makam di Ponggol, sedangkan blok III Randu bekerjabakti membangun pagar.

Kerja bakti
Mengikuti kerja bakti bersama warga


Jelajah Alam.Jelajah alam dimulai dengan berjalan dari masing - masing menuju peternakan sapi perah Sumberan, dan kemudian dilanjutkan berjalan kaki lagi menuju Museum Gunung Merapi di Jl. Boyong.  

Jelajah Alam
Jelajah alam


Kunjungan Usaha. Kunjungan usaha yang dilakukan kali ini yaitu di peternakan sapi perah yang terletak di dusun Sumberan, peternakan ini merupakan produsen susu kemasan dengan merk Asri Milk, selain itu peternakan ini juga memproduksi pupuk kandang atau pupuk organik. Peserta disini selain diberi penjelasan mengenai proses - proses menghasilkan susu, peserta live in juga diberi kesempatan mencoba memerah susu secara tradisional.

Edu Usaha
Kunjungan usaha di peternakan sapi perah


Eduwisata. Akhir perjalanan jelajah alam, Museum Gunung Merapi, disini peserta diajak untuk berkeliling melihat - lihat koleksi museum dengan ditemani seorang pemandu dari museum. Setelah berkeliling museum peserta beristirahat sambil menikmati pemutaran film Mahaguru Merapi di teater Museum Gunung Merapi.

Edu Wisata
Kunjungan wisata di Museum Gunung Merapi


Hari terakhir. Senin 29 Febuari merupakan hari terakhir bagi peserta live in, setelah berkemas peserta berpamitan kepada orangtua asuh kemudian dilanjutkan menuju titik pemberangkatan di Omah Petroek ( Karang Klethak ) yang terletak di Wonorejo.
Setelah do'a bersama dan serah terima siswa dari tim Palem kepada pihak sekolah peserta berpamitan kepada tim untuk meninggalkan lokasi live in dan melanjutkan perjalanan.


Perpisahan
Hari terakhir live-in
Silahkan berkunjung ke koleksi foto live in untuk melihat foto kegiatan selama live in di Hargobinangun.


logoblog

2 komentar:

Palem Community Designed by Schrontho Copyright © 2015

Gambar tema oleh A330Pilot. Diberdayakan oleh Blogger.
By Schrontho